• anchor
  • SMKS Rex Mundi Jakarta
  • SMKS Santa Maria Jakarta
  • SMKN 1 Jakarta


  • Home » , , , , » Linieritas Guru Bersertifikasi

    Linieritas Guru Bersertifikasi

    Sedikit mencoba menjabarkan tentang linieritas guru sertifikasi. Seperti yang tertuang dalam Permendikbud no 46 tahun 2016 pada pasal 1, "Linieritas bagi guru bersertifikat pendidik merupakan kesesuaian antara sertifikat pendidik dengan mata pelajaran yang diampu oleh guru". Maka yang bisa disebut linier dalam kaitannya dengan TPG adalah kesesuaian mapel yang diampu dengan Sertifikat Pendidik, bukan Ijazah. Jadi bagi guru yang sudah bersertifikasi dan mengampu mapel yang sesuai dengan bidang studi sertifikasinya meskipun memiliki ijazah yang tidak sesuai, maka abaikan ketidaksesuaian ijazah. Akan berbeda artinya jika istilah linier digunakan dalam konteks pendaftaran PLPG/PPG, maka ijazah yang dimiliki harus sesuai dengan mapel sertifikasi yang hendak diikuti.




    Kembali ke masalah TPG, ada lagi istilah konversi kode mapel sertifikasi. Hal ini ditujukan pada lulusan PLPG tahun 2008 ke belakang, untuk lulusan 2009 dan seterusnya tidak perlu konversi lagi. Hal ini terjadi karena sejak 2009 ada beberapa mapel yang di jabarkan ke dalam beberapa mapel yang dianggap berbeda atau lebih spesifik lagi.
    Itupun tidak terlalu menghambat proses penerbitan SKTP andai kode konversi nya dipahami oleh Calon Penerima TPG dan proses input Dapodiknya juga dipahami oleh bagian kurikulum dan operator.
    Silahkan pastikan dulu kode konversi mapel yang baru, baru sesuaikan input mapel di dapodiknya sesuai dengan kode konversi yang baru.
    Untuk kode konversi silahkan perhatikan rambu-rambu yang sudah di publikasikan dengan surat edaran BPSDM dan PMP Nomor : 26269 /J/LL/2012 Tanggal : 9 Oktober 2012, selanjutnya bisa disandingkan dengan lampiran Permendikbud No 46 tahun 2016.

    Silahkan diunduh aturan hukum yang mengatur tentang kode konversi dan linieritas:
    Share this article :

    1 komentar:

    Posting Komentar

     
    Support : Blogger Themes Gallery

    Copyright © 2015. Seksi Dikmen Wil 1 Jakarta Pusat - All Rights Reserved
    Template Created by My Blogger Templates Published by Free Blogger Templates

    Proudly powered by Blogger