• anchor
  • SMKS Rex Mundi Jakarta
  • SMKS Santa Maria Jakarta
  • SMKN 1 Jakarta


  • Home » , , , , , , » Perencanaan Tata Kelola Dana BOSP Tahun 2024

    Perencanaan Tata Kelola Dana BOSP Tahun 2024

    Berdasarkan SE 8787/C/PR.04.01/2023 terkait perencanaan T-1 BOS Reguler, mulai tanggal 19 September 2023, satuan pendidikan dapat memulai perencanaan tata kelola Dana BOS Tahun 2024 melalui ARKAS 4. Hal ini menyesuaikan dengan arahan baru terkait perencanaan pada ARKAS 4  di mana satuan pendidikan dapat mulai melakukan pengisian kertas kerja BOS Reguler tahun anggaran tahun berikutnya (T-1). 

    Dengan perencanaan T-1 pada ARKAS 4 ini satuan pendidikan diharapkan dapat mulai mengisi kertas kerja tahun anggaran selanjutnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah proses konsolidasi anggaran satuan pendidikan ke dalam anggaran dinas untuk perencanaan anggaran daerah (RAPBD). 

    Hal ini sejalan dengan rencana Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melibatkan dinas secara aktif pada percepatan perencanaan anggaran satuan pendidikan 2024 mulai September 2023. Perencanaan T-1 diharapkan bisa membuat pengelolaan anggaran dapat dilakukan lebih efektif dan efisien dalam administrasi keuangan baik di sekolah maupun di daerah.

    Perencanaan T-1 hanya dapat dilakukan di ARKAS 4 yang ditandai dengan tersedianya Kertas Kerja 2024.

     Selain itu, 3 platform yang akan terintegrasi dan digunakan dalam pelaksanaan perencanaan T-1: 

    1. ARKAS 4 

    Digunakan untuk perencanaan penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan satuan pendidikan. Satuan pendidikan dapat mulai melakukan penganggaran tahun mendatang jika telah mendapatkan notifikasi seperti gambar di bawah ini. 



    Untuk melakukan aktivasi kertas kerja T-1 satuan pendidikan dapat klik tombol Aktivasi Kertas Kerja pada Kertas Kerja Bos Reguler 2024 atau pada notifikasi yang ada di kanan bawah dan melanjutkan langkah pengisian kertas kerja.

    Untuk melakukan aktivasi kertas kerja T-1 satuan pendidikan dapat klik tombol Aktivasi Kertas Kerja pada Kertas Kerja Bos Reguler 2024 atau pada notifikasi yang ada di kanan bawah dan melanjutkan langkah pengisian kertas kerja seperti pada link berikut >> Mengaktifkan Kertas Kerja ARKAS 4

    2. MARKAS untuk membantu dinas dalam melakukan pengawasan perencanaan, penganggaran dan pelaporan yang sudah diajukan satuan pendidikan.

    3. SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah)  yang berfungsi salah satunya untuk proses perancangan  APBD tahun mendatang berdasarkan data perencanaan yang telah diinput pada tahun sebelumnya (T-1) termasuk perencanaan yang berhubungan dengan Dana BOSP.



    Pada saat aktivasi kertas kerja tahun anggaran baru (Perencanaan T-1), apabila pada ARKAS 4 mendeteksi terdapat kertas kerja yang sudah disahkan (RKAS) pada tahun anggaran BOSP Reguler sebelumnya, maka Anda akan mendapatkan opsi berikut ini: 

    1. Opsi salin anggaran 

    Ketika Anda memilih opsi ini maka sistem akan menyalin RKAS tahun sebelumnya untuk dipergunakan pada tahun anggaran yang akan dibuat.

    2. Opsi membuat kertas kerja baru 

    Ketika Anda memilih opsi ini maka sistem akan membuat kertas kerja anggaran tahun terkini dari awal.


    BACA JUGA >>>>>

    Sisip Uraian saat Menyusun Kertas Kerja (BOS Reguler)

    Edit Detail Anggaran saat Menyusun Kertas Kerja (BOS Reguler)

    Menyusun Kertas Kerja (BOS Reguler)

    Mengisi Kertas Kerja ARKAS 4

    Mengaktifkan Kertas Kerja ARKAS 4

    Perencanaan Tata Kelola Dana BOSP Tahun 2024


    Sumber: https://pusatinformasi.rkas.kemdikbud.go.id/

    Share this article :

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

     
    Support : Blogger Themes Gallery

    Copyright © 2015. Seksi Dikmen Wil 1 Jakarta Pusat - All Rights Reserved
    Template Created by My Blogger Templates Published by Free Blogger Templates

    Proudly powered by Blogger